Saya kan pemula untuk networking, nah saya punya 2 komputer. untuk share antar komputer (pc to pc) bisa dengan blutooth, wireless, atau kabel lan. saya coba untuk hubungan pc to pc dengan kabel lan. nah saya mulai dari seting kabel lan :
Langkah setting kabel lan :
  1. Siapkan kabeln lan yang panjangnya secukupnya untuk share pc to pc, Tang Crimping, RJ45
  2. Potong kulit kabel hingga keliatan seluruh warna
  3. Lalu atur warna dengan model Cross : ( PutihOrange Orange PutihHijau Biru PutihBiru Hijau PutihCokelat Cokelat ) – ( PutihHijau Hijau PutihOrange Biru PuihBiru Orange PutihCokelat Cokelat )
  4. Lalu ratakan seluruh sisi setelah disusun, Jepit kabel dengan kepala RJ45
Setelah kabel sudah siap maka, atur Operating System (Penulis memakai Windows Sp2 Bajakan). Langkah untuk setting windowsnya :
  1. Pilih Control Panel -> Network Connections -> Set up home or small office network
  2. Terbuka windows, Trus pilih Next2 aja, anda tinggal atur Workgoup ( Nama Workgroup harus sama di pc yang akan saling berhubungan ). Settingan lain seperti nama komputer ( bebas ), printer akan dishare atau tidak.
  3. Atur IP kedua komputer, Pilih Control Panel -> Network Connections -> Local Area Network (yang terkonkesi) Klik kanan di Local Area Network pilih Status -> Properties -> Internet Protocol (TCP/IP) -> Properties. anda diusahakan menggunakan IP pada kelas yang sama. Cth : IP PC 1 :192.168.0.1 Subnetmask : 255.255.255.0 – IP PC 2 : 192.168.0.2Subnetmask : 255.255.255.0
  4. Agar Windows XP bisa melakasanakan perubahan tadi, maka anda harus Restart Windows XP